Membuat desain rumah menggunakan Sketchup


SketchUp adalah program yang digunakan untuk berbagai proyek pemodelan 3D seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lansekap, dan desain video game, untuk menyebutkan beberapa kegunaannya.


Fungsi sketchup sebagai berikut  :

  1. Pensil: bisa menuangkan garis ke dalam gambar titik tunggal lebih mudah karena titik akhir berubah menjadi hijau saat garis hanya di lokasi yang diinginkan
  2. Rectangle, circle, arc: bisa membentuk datar untuk diproses dalam 3D
  3. Push / Pull: ini dasar 3D setelah membuat bidang datar di bidang gambar, Anda dapat menggunakan push ini untuk bisa membuat 3D
  4. Select: bisa untuk memilih atau mengubah objek / mode saat menggunakan alat atau perintah lain.
  5. Make components: berbeda untuk groups, untuk objek objek tunggal digabungkan dengan make Components.
  6. Paint bucket: untuk bisa mewarnai atau menempelkan material pada suatu objek.
  7. Penghapus atau eraser: untuk bisa menghapus gambar atau bahan objek.
  8. Line: Untuk menggambar garis lurus.
  9. Circle: Untuk menggambar objek bulat.
  10. Arc: Untuk menggambar setengah lingkaran.
  11. Poligon: untuk bisa menggambar objek persegi 4, 6, 8, dll.
  12. Freehand: Untuk menggambar gratis.
  13. Move: untuk memindahkan objek.
  14. Rotate: untuk memutar objek.
  15. Follow Me: untuk memindahkan objek yang disesuaikan.
  16. Skala: untuk bisa mengubah ukuran objek kecil pada skala ke kanan.
  17. Offset: Gandakan sederet objek yang akan disesuaikan.
  18. Tape Measure Tool: Untuk mengukur.
  19. Dimensi: Digunakan untuk memberi dimensi pada objek.
  20. Protractor: untuk bisa mengukur sudut kemiringan desain dan membuat elemen garis.
  21. Text Tool: untuk menyisipkan teks.
  22. Axes: Memindahkan atau mengubah arah sumbu gambar.
  23. Teks 3D: Buat teks tiga dimensi.
  24. Orbit: untuk memutar tampilan objek.
  25. Panning:untuk bisa memindahkan tampilan objek secara vertikal dan horizontal
  26. Zoom: Memperbesar atau memperkecil objek.
  27. Dimensi zoom: Untuk memperbesar objek layar.
  28. Previous: Batalkan pratinjau
  29. Next: ulangi pratinjau
  30. Posisi Kamera: bisa posisikan kamera atau tampilan anda pada ketinggian tertentu untuk mengecek objek yang bisa saling berhadapan atau bisa melewati model.
  31. Look Around: bisa putar kamera (tampilan Anda) dari titik diam.
  32. Walk: Pergi melalui model.
  33. Section Plane: kita bisa menggunakan efek bagian untuk bisa menunjukkan geometri dalam model.