Pemrograman dilakukan lebih cepat dan lebih akurat karena operator dapat memusatkan perhatian mereka pada pemrograman tanpa pedli dengan kerusakan.
Program yang sudah selesai dapat dieksekusi dan disimulasikan pada komputer,hal ini memungkinkan untuk modifikasi dan peningkatan yang lebih cepat sebelum benar-benar membuat bagian pada mesin CNC, yang akan mengurangi waktu pengaturan dan mengurangi memo.
Keuntungan CAD-CAM yang kuat termasuk meningkatkan produktivitas dan membentuk alur kerja yang disederhanakan untuk proses manufaktur CNC Anda. Semua ini benar-benar dapat meningkatkan kinerja dan produksi hingga 50%.
Simulasi di komputer memungkinkan tumbukan dapat dideteksi antara mesin CNC dan bagian dan workholding dalam situasi virtual versus pemesinan yang sebenarnya. Tabrakan vitrual tidak akan merusak mesin dan akan memungkinkan lebih banyak waktu produksi dan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk perawatan dan perbaikan.
▼
Kamis, 07 Juli 2022
Chapter 09 - Computer Aided Design
Pertanyaan : Sebutkan dan jelaskan Computer Aided Design
Computer Aided Design adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi dan gambar 3 dimensi.
Chapter 07 - Perenderan dan Citra
Pertanyaan : Apa itu Perenderan dan Citra
Perenderan adalah proses menghasilkan citra dari sebuah model 2 dimensi atau model 3 dimensi, melalui program komputer. Beberapa model dapat diletakkan dalam berkas adegan yang berisi objek-objek dalam sebuah bahasa pemrograman atau struktur data. Berkas adegan tersebut terdiri atas geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan informasi bayangan yang menggambarkan lingkungan virtual
Chapter 05 - Geometri dan Animasi
Pertanyaan : Jelaskan apa itu Geometri dan Animasi
Geometri merupakan salah satu sistem dalam matematika yang diawali oleh sebuah konsep pangkal, yakni titik. Titik kemudian digunakan untuk membentuk garis dan garis akan menyusun sebuah bidang.
Animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang di susun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.
Chapter 03 - Graphical User Interface
Pertanyaan : Jelaskan apa yang dimaksud GUI
GUI, singkatan dari Graphical User Interface, adalah antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan aplikasi dan melakukan tugas yang diperlukan. Juga, GUI terdiri dari berbagai komponen. Jendela, tombol, tombol radio, kotak centang, label, daftar drop-down, kolom teks, kotak kombo adalah beberapa komponen GUI. Komponen-komponen ini dapat memicu kejadian.
Chapter 01- Perkembangan komputer grafik
Pertanyaan : Jelaskan perkembangan komputer grafik
Perkembangan Komputer grafik adalah merupakan bagian dari ilmu
komputer yang berkaitan dengan pembuatan manipulasi gambar (visual) secara
digital. Bentuk sederhana dari Grafika Komputer ada yang berupa Grafika 2D
yang kemudian berkembang menjadi 3D, pemrosesan citra (image processing),
dan pengenalan pola (pattern recognition).
Ada juga bagian dari Grafik Komputer
yang perlu kita ketahui:
1. Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Sejarah dan Perkembangan Grafika Komputer
Sejarah Grafika Komputer itu sendiri sudah dimulai sejak zaman dahulu yaitu
sejak jaman ketika banga Mesir, Roma, dan Yunani berkomunikasi dengan grafik.
Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan
sebagai lukisan teknik. Perkembangan Grafika Komputer dapat dibagi menjadi
empat fase, yaitu :
Fase Pertama, tahun 50an Merupakan era grafika komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika
komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang
mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan
tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang
digunakan untuk keperluan pertahanan.
Fase Kedua, dekade 60an
Merupakan zaman penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika
interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem
penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan
sarana keyboard dan pena cahaya.
Fase Ketiga pada dekade 70an
Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya
grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara
cepat dan mudah.
Fase keempat, dekade 80an
Pada masa ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk
menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada
penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal
(solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.
banyak sekali bidang-bidang yang bergantung atau terbantu dengan adanya
perkembangan grafik komputer, antara lain:
- Antarmuka pengguna (Graphic User Interface-GUI)
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan Objek (Computer Aided Design-CAD)
- Sistem Multimedia
- Presentasi Grafik
- Presentasi Saintifik
- Pemrosesan Citra
- Simulasi
Format Gambar Dalam Grafik Komputer
Hal mendasar dari sebuah grafik komputer adalah gambar. Ketika berbicara
mengenai gambar dan grafik komputer, pasti akan bersangkutan dengan
bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan.
Gambar Vektor
Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat
gambar pada komputer grafis. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points
atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y
dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Contoh format gambar vektor
adalah SVG
Gambar Bitmap
Gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna
yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media lainnya. Contoh format
gambar bitmap yang sering dijumpai adalah GIF, JPEG, BMP dan PNG.
Dampak Perkembangan Grafik Komputer Terhadap Manusia
Dalam kehidupan manusia Grafika Komputer mempunyai dampak baik dari segi
positif maupun negatif.
Mempermudah untuk melakukan penjelasan terhadap sebuah konsep atau
produk dalam bentuk visual, seperti presentasi menggunakan PowerPoint,
mempromosikan sebuah produk dalam bentuk brosur, dll
Terdapat juga hiburan secara visual yang bervariatif, seperti film, foto, dll