Selasa, 28 Juni 2022

Chapter V- Praktikum menguasai teknik dasar 0-4 dimensi

Pengertian dimensi adalah ukuran yang meliputi : panjang, luas, tinggi, lebar, dan sebagainya. dimensi adalah tempat kosong yang berbentuk dari kumpulan ttik-titik yang dijajarkan secara bertingkat. 
Titik adalah dimensi ke-0 artinya titik tidak punya dimensi. 
Karena tidak punya dimensi maka objek yang ada didalamnya bersifat DIAM MUTLAK.

Ada beberapa jenis-jenis dimensi

Dimensi 0 adalah sebuah titik (0); terlampau kecil sehingga terkadang dapat dibilang sebagai hampa. Dimensi 0 ini ada di tengah lubang hitam, karena gaya gravitasi yang sangat dahsyat.

Dimensi Satu merupakan dimensi yang hanya memiliki satu unsur dimensi saja yaitu panjang. Benda-benda dimensi satu dapat bergerak bebas ke arah kanan dan ke arah kiri. Contoh benda dimensi satu adalah garis.

Dimensi Dua adalah dimensi yang memiliki dua unsur dimensi yaitu unsur panjang dan unsur lebar. Benda-benda dimensi dua dapat bergerak bebas ke arah kanan, kiri, atas, dan juga bawah. Benda-benda dimensi dua sering juga disebut dengan istilah bangun datar. Ciri utama benda-benda dimensi dua adalah memiliki luas dan keliling. Beberapa contoh benda dimensi dua yaitu segitiga, persegi panjang, persegi, dll.

Dimensi tiga merupakan dimensi yang memiliki tiga unsur dimensi yaitu panjang, lebar, dan juga tinggi. Benda-benda dimensi tiga dapat bergerak bebas ke arah kanan, kiri, atas, bawah, depan, dan belakang. Benda-benda dimensi tiga sering juga disebut dengan istilah bangun ruang. Salah satu ciri utama benda dimensi tiga adalah dapat diisi dengan benda – benda tertentu  atau dengan kata lain memiliki volume. Beberapa contoh benda dimensi tiga yaitu balok, kubus, tabung, kerucut, rumah, mobil, hewan, manusia, dll.

Dimensi Empat Meskipun masih diperdebatkan, sebagian ahli menyatakan bahwa dimensi sangat terkait dengan masalah waktu. Sehingga, dimensi empat dapat diartikan sebagai dimensi tiga yang dilengkapi dengan dimensi waktu.

Kamis, 23 Juni 2022

Membuat dan menguasai UI Design sederhana Figma

Figma adalah adalah aplikasi berbasis web untuk mendesain UI dan UX yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi, web, serta berbagai komponen user interface yang dapat digabungkan ke dalam project lainnya. Selain itu, figma adalah aplikasi untuk para desainer berkolaborasi dengan desainer lainnya dan membuat desain secara bersama-sama. Dalam membuat sebuah desain UI/UX di dalam suatu aplikasi atau website, Figma memiliki beberapa tools yang dapat memudahkan desainer untuk mendesain.

Fungsi Figma

  • Untuk melakukan prototyping website baik di sisi desktop maupun mobile
  • Membuat tampilan UI dan wireframe aplikasi mobile
  • Desain untuk postingan di media sosial seperti FacebookTwitterInstagramDribble, dan LinkedIn
  • Pembuatan mockup desain pada perangkat yang tersedia di template
  • Pengeditan gambar dasar
  • Membuat desain menjadi video (menggunakan plugin)
  • Mendesain dalam satu waktu dan realtime bersama tim secara online

Fitur figma

1. Design features

Design features pada Figma menawarkan kemudahan untuk membuat desain yang responsif serta otomasi menggunakan plugin. Fitur yang tersedia ini sangat cocok digunakan untuk mendesain UI aplikasi atau website. Atribut yang tersedia pada design features, diantaranya:

  • Pen tool modern
  • Open type 
  • Stretch to fill
  • Auto layout untuk tim developer
  • Plugin tambahan

2. Prototyping features

Setelah melakukan proses desain, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan pada saat membangun website atau aplikasi adalah dengan melakukan prototypingFigma juga menyediakan elemen berupa prototyping features yang membuat proses pembuatan alur ini semakin mudah dan tetap menarik.

Tersedia fitur andalan seperti menambah animasi, GIF, jenis interaksi, dan pilihan transisi yang bisa diatur secara singkat. Untuk melihat hasil prototyping, gunakan fitur mobile viewing yang dibuat semirip mungkin pengaturan yang telah diimplementasi.

3. Design systems features

Design system features merupakan penjelasan mengenai mudahnya aksesibilitas dan elemen pendukung lain yang cukup lengkap. Fitur ini menawarkan library dan aset yang lengkap serta bisa dicari secara cepat. Selain itu, kamu juga dapat mengukur penggunaan dan perubahan apa yang dilakukan tim pada desain tersebut.

4. Collaboration features

Jenis fitur terakhir merupakan keunggulan Figma yang sangat dibutuhkan jika bekerja dengan tim. Collaboration features memudahkan para tim untuk bisa bekerja bersama dalam satu page atau halaman secara realtime.

Membuat desain rumah menggunakan Sketchup

SketchUp adalah program yang digunakan untuk berbagai proyek pemodelan 3D seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lansekap, dan desain video game, untuk menyebutkan beberapa kegunaannya.


Fungsi sketchup sebagai berikut  :

  1. Pensil: bisa menuangkan garis ke dalam gambar titik tunggal lebih mudah karena titik akhir berubah menjadi hijau saat garis hanya di lokasi yang diinginkan
  2. Rectangle, circle, arc: bisa membentuk datar untuk diproses dalam 3D
  3. Push / Pull: ini dasar 3D setelah membuat bidang datar di bidang gambar, Anda dapat menggunakan push ini untuk bisa membuat 3D
  4. Select: bisa untuk memilih atau mengubah objek / mode saat menggunakan alat atau perintah lain.
  5. Make components: berbeda untuk groups, untuk objek objek tunggal digabungkan dengan make Components.
  6. Paint bucket: untuk bisa mewarnai atau menempelkan material pada suatu objek.
  7. Penghapus atau eraser: untuk bisa menghapus gambar atau bahan objek.
  8. Line: Untuk menggambar garis lurus.
  9. Circle: Untuk menggambar objek bulat.
  10. Arc: Untuk menggambar setengah lingkaran.
  11. Poligon: untuk bisa menggambar objek persegi 4, 6, 8, dll.
  12. Freehand: Untuk menggambar gratis.
  13. Move: untuk memindahkan objek.
  14. Rotate: untuk memutar objek.
  15. Follow Me: untuk memindahkan objek yang disesuaikan.
  16. Skala: untuk bisa mengubah ukuran objek kecil pada skala ke kanan.
  17. Offset: Gandakan sederet objek yang akan disesuaikan.
  18. Tape Measure Tool: Untuk mengukur.
  19. Dimensi: Digunakan untuk memberi dimensi pada objek.
  20. Protractor: untuk bisa mengukur sudut kemiringan desain dan membuat elemen garis.
  21. Text Tool: untuk menyisipkan teks.
  22. Axes: Memindahkan atau mengubah arah sumbu gambar.
  23. Teks 3D: Buat teks tiga dimensi.
  24. Orbit: untuk memutar tampilan objek.
  25. Panning:untuk bisa memindahkan tampilan objek secara vertikal dan horizontal
  26. Zoom: Memperbesar atau memperkecil objek.
  27. Dimensi zoom: Untuk memperbesar objek layar.
  28. Previous: Batalkan pratinjau
  29. Next: ulangi pratinjau
  30. Posisi Kamera: bisa posisikan kamera atau tampilan anda pada ketinggian tertentu untuk mengecek objek yang bisa saling berhadapan atau bisa melewati model.
  31. Look Around: bisa putar kamera (tampilan Anda) dari titik diam.
  32. Walk: Pergi melalui model.
  33. Section Plane: kita bisa menggunakan efek bagian untuk bisa menunjukkan geometri dalam model.

Resume perkembangan komputer grafik

Perkembangan Komputer grafik adalah merupakan bagian dari ilmu 
komputer yang berkaitan dengan pembuatan manipulasi gambar (visual) secara 
digital. Bentuk sederhana dari Grafika Komputer ada yang berupa Grafika 2D 
yang kemudian berkembang menjadi 3D, pemrosesan citra (image processing), 
dan pengenalan pola (pattern recognition). 
Ada juga bagian dari Grafik Komputer
yang perlu kita ketahui:
1. Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Sejarah dan Perkembangan Grafika Komputer
Sejarah Grafika Komputer itu sendiri sudah dimulai sejak zaman dahulu yaitu 
sejak jaman ketika banga Mesir, Roma, dan Yunani berkomunikasi dengan grafik. 
Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan 
sebagai lukisan teknik. Perkembangan Grafika Komputer dapat dibagi menjadi 
empat fase, yaitu :
Fase Pertama, tahun 50an Merupakan era grafika komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika 
komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang 
mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan 
tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang 
digunakan untuk keperluan pertahanan. 
Fase Kedua, dekade 60an
Merupakan zaman penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika 
interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem 
penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan 
sarana keyboard dan pena cahaya.
Fase Ketiga pada dekade 70an
Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya 
grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara 
cepat dan mudah.
Fase keempat, dekade 80an
Pada masa ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk 
menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada 
penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal 
(solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.
banyak sekali bidang-bidang yang bergantung atau terbantu dengan adanya 
perkembangan grafik komputer, antara lain:
- Antarmuka pengguna (Graphic User Interface-GUI)
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan Objek (Computer Aided Design-CAD)
- Sistem Multimedia
- Presentasi Grafik
- Presentasi Saintifik
- Pemrosesan Citra
- Simulasi

Format Gambar Dalam Grafik Komputer
Hal mendasar dari sebuah grafik komputer adalah gambar. Ketika berbicara 
mengenai gambar dan grafik komputer, pasti akan bersangkutan dengan 
bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan. 

Gambar Vektor
Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat 
gambar pada komputer grafis. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points 
atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y 
dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Contoh format gambar vektor 
adalah SVG

Gambar Bitmap
Gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna 
yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media lainnya. Contoh format 
gambar bitmap yang sering dijumpai adalah GIF, JPEG, BMP dan PNG.
Dampak Perkembangan Grafik Komputer Terhadap Manusia
Dalam kehidupan manusia Grafika Komputer mempunyai dampak baik dari segi 
positif maupun negatif.
Mempermudah untuk melakukan penjelasan terhadap sebuah konsep atau 
produk dalam bentuk visual, seperti presentasi menggunakan PowerPoint, 
mempromosikan sebuah produk dalam bentuk brosur, dll
Terdapat juga hiburan secara visual yang bervariatif, seperti film, foto, dll

Membuat Flyer produk Polda lampung

Flyer adalah media promosi yang mirip dengan brosur dan pamflet. Bila brosur memiliki ukuran yang besar, flyer adalah rata-rata hanya seukuran kertas A4 tanpa lipatan sama sekali. Isi dari flyer adalah lebih singkat dan ringkas daripada media promosi lainnya.

Kegunaan Flayer: 
Dikarenakan bentuknya yang sederhana, salah satu kegunaan flyer adalah untuk dicetak dalam jumlah besar dan dibagikan kepada banyak orang yang sedang lalu-lalang di jalan, dan biasanya dilakukan di tempat umum seperti taman, mal, dan lain sebagainya.

mendesain flyer : 

  1. Pastikan judul, tagline atau kalimat utama pada flyer terlihat dengan jelas
  2. Pilih judul, tagline, atau kalimat utama yang sekiranya menarik bagi target pembaca
  3. Gunakan desain yang menarik pandangan pembaca
  4. Sesuaikan gaya desain dengan target pembaca anda
  5. Gunakan font yang sesuai dengan target pembaca
  6. Gunakan pilihan warna yang sesuai dengan target pembaca
  7. Isi flyer harus informatif, padat, dan jelas
  8. Jangan gunakan ukuran kertas yang terlalu besar apabila tidak perlu